BTricks

Get Gifs at CodemySpace.com

Selasa, 11 Mei 2010

14. Virus yg dapat diatasi antivirus PC MAV

PCMAV VS ANSAV+E : Mengembalikan File .EXE VIRUS KESPO Ke .DOC/.XLS

Posted on Computer Health.

Seusai presentasi kuliah pra profesi kemarin, beberapa flash disk teman sekelas saya tertular virus kespo. Virus ini menyusup masuk dan merubah file berekstensi .doc dan .xls menjadi berekstensi .exe.
Scan Result PCMAV - Kespo
Penjelasan tentang virus Kespo (KSpoold) sendiri dapat dibaca secara lengkap disini, termasuk juga cara untuk membersihkannya :
[5 varian]Virus KSpoold: DOC & XLS menjadi EXE
Analisa singkat Worm Delp-worm.g0 (Kspoold)

Saya sendiri lebih tertarik pada program antivirus yang dapat mengembalikan file yang sudah disusupi virus kespo menjadi seperti semula. Berdasarkan hasil pencarian di google, saya menemukan dua antivirus lokal yang diketahui mampu melakukan hal tersebut, yaitu PCMAV dan ANSAV.
Berikut ini catatan saya ketika mencoba kedua antivirus tersebut untuk memulihkan file korban virus Kespo.
PCMAV, Jagoan Handal Pendeteksi dan Pembasmi Virus Lokal
PCMAV merupakan antivirus yang dibuat dalam naungan majalah PC Media. Antivirus ini sedang naik daun dan terkenal handal dalam mendeteksi dan membasmi berbagai virus lokal yang sudah mendunia.
Pada misi kali ini saya menggunakan PCMAV 1 versi RC18 yang memiliki keunggulan dalam update secara online. Fasilitas baru lainnya dapat dibaca disini :
PCMAV RC18 with Online Update!
PCMAV yang bersifat portabel ini memerlukan waktu 39.9** detik loading awal, waktu yang cukup lama bagi saya untuk menunggu.
PCMAV Start-Up Loading
Saya pun berhasil mengembalikan file korban virus kespo dengan menekan pilihan CURE FILES setelah proses scanning selesai. Anehnya begitu menyelesaikan tugasnya, PCMAV saya seperti hang, kemudian menghilang dari desktop. Saya baru bisa menemukannya kembali dengan ALT-TAB, namun windowsnya tidak tampak lagi. Mungkin ini adalah bugs dari PCMAV RC18.
Link Download PCMAV :
pcmav-10-rc18-cleaner-dan-rtp-update-online
ANSAV, Senjata UZI Pembunuh virus
ANSAV atau AN’s Antivirus merupakan antivirus yang dinamakan berdasarkan nama panggilan atau inisial dari pembuat antivirus ini yaitu Anvie (nama samaran jugakah?). Berbeda dengan PCMAV yang sudah saya kenal beberapa bulan yang lalu, saya baru mengenal ANSAV beberapa hari ini. Namun demikian saya suka dengan logo ANSAV yang menggambarkan senjata UZI.
About ANSAV
ANSAV +E ADVANCED yang saya gunakan adalah versi 1.5.1, antivirus ini juga bersifat portabel. Segala informasi tentang ANSAV bisa dibaca dalam file readme-nya.
Keunikan antivirus ini terletak pada plugin yang bisa ditambahkan dan dilepaskan seperti hidden revealer, deep slayer, process image finder, dan registryFX. Cukup jarang ada antivirus yang menggunakan konsep plugin seperti ANSAV. Saya kira ini adalah sebuah pemikiran yang inovatif, sangat sesuai dengan persenjataan tempur modern yang bisa disesuaikan amunisinya sesuai dengan keperluan pengguna.
ANSAV hanya memerlukan waktu 2.8 detik** untuk loading awal. Waktu yang sangat singkat !!! Saya pun berhasil mengembalikan file korban virus kespo dengan lebih cepat dibandingkan PCMAV karena adanya fasilitas pemilihan file baik secara individu maupun beberapa file sekaligus.
Link Download ANSAV :
http://www.ansav.com/
KESIMPULAN
PCMAV merupakan pilihan terbaik jika Anda ingin melakukan scanning terhadap berbagai macam virus lokal karena databasenya yang cukup lengkap dibandingkan ANSAV.
Namun dalam hal kecepatan untuk mengembalikan file korban virus Kespo, ANSAV adalah pilihan terbaik. Kecepatan loading awal dan juga adanya fasilitas plugin serta menu untuk memilih file tertentu sangat menghemat waktu.
PCMAV tampaknya masih belum stabil dan belum percaya diri dibandingkan dengan ANSAV. Hal ini tampak dengan status RC yang disandang oleh PCMAV. Berbeda dengan PCMAV, ANSAV lebih berani menyandang status ADVANCED.
Jika melihat desain konsep dan juga kinerja, saya lebih memilih ANSAV. Antivirus ini benar-benar cocok dengan logonya yaitu senjata UZI, senjata tempur modern yang praktis, cepat dan mudah diganti amunisinya. Salut buat pembuat ANSAV ! Mas, coba ikut ICT Awards 2007, siapa tahu menang :D
Catatan Tambahan :
** Komputer yang digunakan untuk pengujian waktu loading adalah Intel Dual Core 2 Duo 1,8Ghz, Memori Kingston 1GB, dengan sistem operasi Windows XP SP2.
*** Bagi pengguna antivirus bukan buatan lokal seperti AVG, Norton, Kaspersky dsb. harus berhati-hati dalam menangani virus kespo, karena biasanya mereka menghapus tanpa ampun file yang terinfeksi. Oleh karena itu matikan terlebih dahulu antivirus tersebut sebelum menjalankan PCMAV atau ANSAV.
**** Bagi pengguna AVG yang selalu terupdate, sebaiknya mematikan dulu fasilitas Resident Shield agar virus tidak terkunci dan bisa dikembalikan oleh PCMAV atau ANSAV.
AVG Resident Shield

1 komentar:

Agus@ kayu jabon mengatakan...

mampir nich...
menarik sekali blog anda dan saya menyukainya..
salam....

Posting Komentar

pendukung

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms